WELCOME

The gateway to East Kalimantan and one of the gateway to "Borneo Rainforest." Balikpapan is located between 1'LS-1, 5'LS and 116.5 'E-117'BT. Consisted of 5 District, bordering the city of Samarinda, Kutai Kartanegara, the Strait of Makassar, and Regency Sand. The total area of approximately 503,306 km2. Although the indigenous Dayak tribes, but the life of a multi-ethnis (heterogeneous) are characteristic in the life of this city.

Tuesday, November 16, 2010

Oleh-oleh dari balikpapan

Posted by fathir On 4:42 AM No comments

Kebun Sayur, Pusat Kerajinan dan Oleh-Oleh Balikpapan

Bukan perkara sulit mencari oleh-oleh dan kerajinan di Balikpapan. Anda cukup mendatangi Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan “Pasar Kerajinan” yang menjual berbagai hasil kerajinan tangan khas Kota Balikpapan. Disini anda dapat menemukan kerajinan seperti : manik-manik dan batik dengan motif “ampik”;Perhiasan (gelang, anting, cincin, bros, dll) yg terbuat dari batu-batuan permata; juga kerajinan tradisional “Dayak” lainnya (mandau dan senjata lainnya).
Pasar kerajinan ini juga berdampingan dengan pasar oleh-oleh untuk buah-buahan dan juga makanan khas Balikpapan seperti Amplang dan makanan kering lainnya.


Amplang

Amplang adalah sejenis makanan tradisi bagi penduduk negeri Sabah terutamanya bagi penduduk di pesisir pantai Tawau dan Sandakan . Ianya di usahakan secara kecil-kecilan oleh kaum wanita dari keluarga nelayan. Pada lazimnya amplang diproses dari isi ikan tenggiri. 


Buah Lei
Buah lokal di kaltim. buah lei (lai?). bentuknya mirip durian, tapi lebih kecil. durinya juga gak tajam. aroma dan rasanya juga tak sepekat durian. warna buahnya jingga. gak lengket. kolesterolnya juga kabarnya lebih rendah.

0 comments:

Post a Comment